Maaf-memaafkan

Crap! Sedih rasanya menyadari saya tidak mengepos satu tulisan pun Agustus lalu. Dan tanpa terasa sekarang sudah memasuki September. Padahal lumayan banyak cerita. namun urung saya publish karena terlalu kontroversial (menurut saya, hehe). Oh ya, seingat saya, selama Agustus lalu hujan sama sekali tidak mengguyur Jakarta.

Anyway, pada kesempatan kali ini saya mau mengepos agak panjang. Tentang sesuatu yang di pikiran saya saja. Eits, tapi sebelumnya saya mau mengucapkan :

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Hari Lebaran pastinya sarat dengan momen maaf-memaafkan. Sayangnya, tidak semua orang punya rasa untuk meminta maaf. Sebagian orang yang saya kenal contohnya. Saya gak cukup paham kenapa beberapa orang tersebut enggan meminta maaf. Bukan karena perihal punya salah atau tidak. Tapi menurut saya itu lebih kepada silaturahim. Apakah minta maaf pada jaman sekarang telah menjadi sebuah “gengsi” tersendiri bagi orang-orang tertentu? Semoga Tuhan selalu melindungi kita dari pikiran-pikiran negatif terhadap orang lain.

Dalam pikiran saya, timbul pemikiran. Banyak teman-teman yang berseliweran di timeline Twitter saya dan di recent updates akun Facebook saya. Hanya segelintir yang kemudian menyapa saya untuk berlebaran. Padahal satu sama lain saling kenal. Sukses bikin saya geleng-geleng kepala. Nah, daripada ikut-ikutan bersikap seperti itu, maka saya pun memulai. Selangkah lebih maju.

Saya teringat suatu petuah teman semasa SMA :

Kalau kita bertemu dengan seseorang dan orang itu berpura-pura tidak melihat kita, hendaknya kita menyapa duluan. Jangan mentang-mentang dia gak menyapa kita lantas kita juga harus ikut-ikutan tidak menyapanya.

Sekali lagi, Selamat Lebaran! Semoga kita tidak menjadi seperti apa yang kita tidak sukai.
(^_^)

One thought on “Maaf-memaafkan

Leave a Reply

