Menjadi Samudera

Sepertinya menyenangkan menjadi samudera. Tetap terhampar tenang walau di dalamnya terdapat sekelumit kehidupan yang tidak terjamah yang mungkin sulit untuk dipahami. Samudera menyimpan semua misterinya sendiri, rahasianya sendiri.

Menjadi samudera berarti menjadi merdeka. Tidak pernah kudengar ada orang menghina samudera sekalipun misalnya ia pernah menelan pesawat yang lewat di atasnya. Samudera tidak pernah salah. Orang akan tetap mengaguminya walau kadang pantulan langit tidak selalu membuat samudera terlihat biru. Ya, samudera pernah bersedih juga. Entah pastinya kapan. Mungkin saat kapal-kapal pesiar tidak seramai dulu melewatinya sehingga ia merasa sudah tidak bisa bermain lagi dengan ombak.

Kalau samudera sedang sedih, ia akan tetap tenang. Sekarang kuharap kau semakin mengerti kenapa aku ingin menjadi samudera. Ia jauh dari keramaian kota. Samudera pasti lebih khusyuk kontemplasi sebab ia tidak pernah stres menghadapi kebisingan kota. Sebab ia bisa membentangkan tubuhnya menghadap langit tanpa perasaan terganggu oleh siapapun. Sebab ia berteman baik dengan bulan dan matahari.

Jadi, kataku pada Samudera, kalau suatu hari kamu bosan menjadi dirimu, lekaslah hampiri aku di rumahku maka aku dengan senang hati akan menggantikanmu menjadi samudera yang selalu dipuji orang itu. Tak apa aku tertimpa sinar matahari. Matahari tidak pernah berkata kasar dan mengkhianatimu bukan? Tak apa kalau begitu. Tak mengapa pula kalau suatu hari sang hujan dengan rintiknya yang berat dan besar menghujam tubuhku seperti yang pernah ia lakukan padamu. Setidaknya, hujan tidak pernah menyalahkanmu dan menuduhmu yang bukan-bukan.

Sungguh beruntung menjadi dirimu, Samudera. Aku tidak sabar menunggu hari itu. Hari di mana kamu bosan menjadi dirimu. Seperti hari di mana aku jenuh menjadi diriku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s