Mencoba Normal

Makin ke sini gue makin sadar betapa hidup gue makin nggak normal. Sialnya, bukan hanya di satu aspek, tapi hampir di segala aspek. Salah satunya jam tidur gue.

Setelah gue analisis (ciyeee), ada dua penyebab kenapa jam tidur gue berantakan.

Pertama, tentu saja karena Vainglory. Game MOBA yang satu ini sukses bikin gue yang kutu buku berubah haluan jadi gamer yang doyan begadang sampai pagi. Apalagi sekarang gue punya team yang bisa dibilang lumayan serius. Team gue ini biasanya main mulai pukul sembilan malam sampai pukul dua atau tiga dini hari. Jam main team gue ini nggak kenal apakah besok hari kerja atau hari libur, pokoknya gas terus coeg! Kami main sambil ngobrol via voice call. Jadi kadang tangan dan matanya main game tapi otak sama mulut dengerin curhat yang lain. Random memang. Tapi keren kan bisa multi-tasking? :p

Kedua, pacar. Iya, maksudnya pas kemarin gue punya pacar. Kami LDR Jakarta-Bandung (ya, sebenarnya nggak jauh-jauh amat tapi pokoknya jauh). Karena jarak itu, mau nggak mau selama jadian kemarin kami telponan setiap hari. Rekor kami paling lama bicara di telpon adalah selama empat-lima jam. Biasanya mulai dari pukul sembilan sampai pukul dua dini hari (lalu kalau masih kangen, lanjut di chat sampai pukul empat pagi). Obrolan kami sebenarnya juga random. Bukan bahas hal-hal berfaedah seperti swasembada pangan Republik Indonesia kok. Maklum, norak kelamaan jomblo sekalinya punya pacar jadi lebay telponan sampai pagi. Hahaha!

Sebenarnya penyebab nomor satu tentu saja game. Kehidupan gue sebelumnya sama sekali bukan gamer (ya paling mentok main The Sims sampai  jam 5 pagi sih, tapi sumpah, ini duluuu banget). Terus ketika mendadak gue kenal game Vainglory itu, wah, meeennn candu banget jadinya! Gue merasa diri gue bukanlah gue //apasih// hahaha.

Akibatnya, gue suka bangun kesiangan dan suka ngantuk di kantor. Ini bahaya dan gue tahu gue nggak boleh begini terus. I have to change my habit. So, mulai 1 Juni kemarin gue memutuskan untuk tidur lebih awal, dan berhasil! Yeay! Gue kemarin tidur sekitar jam 21.30. Handphone gw nonaktifkan. Dan voila, gue pikir gue bakal susah tidur tapi ternyata nggak loh. Gue tidur dengan sangat cepat. Tapi akhirnya kebangun sih sekitar jam dua-an karena kebelet pipis. Cuman yah habis itu back to dream lagi. Wow, ternyata gue bisa yah! Hahaha.

Since I’m not a morning person, atau mungkin memang tubuh gue yang udah ngebacanya begitu, gue tetap bangun di jam seperti gue tidur larut karena game. Awalnya gue pikir “Yah ini mah sama aja dong?” But, seteleh gue dalami lagi, gue merasakan ada yang berbeda. Bukan, bukan gue tiba-tiba berubah kelamin. Pas bangun itu badan gue lebih segar, nggak pusing, dan mata gue melek dengan baik (biasanya masih berasa sepet gitu). Hey, this is achievement! Hahaha.

Pokoknya malam ini gue mau coba tidur lebih awal lagi. Gue tahu badan gue nggak sebugar dulu. Gue pun makin menua. Makanya gue sadar banget pola tidur yang baik itu berpengaruh banget sama kesehatan gue. Gue mau beneran coba buat balikin kebiasaan masa kecil gue ini (eh iya loh dulu gue waktu kecil jam 9 udah jalan-jalan di alam mimpi). Terus, main gamenya gimana? Hemm, pertanyaan yang lumayan sulit sih. Tapi kan kesehatan diri lebih penting dari main game kan?

Temen-temen seteam gue juga nyariin dan protes. Mereka bilang gue cupu karena gue tidur di awal, hahaha, ya wajar sih, soalnya gue nggak biasanya kayak gini. Tapi gue hatus berubah dan ini nggak bisa ditunda-tunda lagi. Soal main game, gue bisa bicarakan sama mereka untuk main di jam 8-9an, mungkin. Mungkin yah.

Harapan gue, semoga gue bisa terus mempertahankan kebiasaan baik ini seterusnya sampai akhirnya gue berpikir “Ya, this is the normal me. Ini loh normalnya gue.”

Leave a Reply

